Kelola Sampah Perusahaan Dengan Mudah dan Cepat Dengan Waste4Change

 

Kelola Sampah Perusahaan

Lingkungan kerja di suatu perusahaan merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap produktivitas karyawan. Salah satu hal yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan kerja Anda adalah menjaga kebersihannya, kelola sampah perusahaan untuk menjaga kebersihannya sangatlah penting bukan hanya untuk karyawan namun juga untuk klien yang datang. 

Menjaga Lingkungan Kerja yang Bersih

Tempat kerja adalah tempat para karyawan menghabiskan waktu setiap hari, jadi selain nyaman, lingkungan kerja yang bersih harus menjamin kesehatan yang baik. Dalam lingkungan kerja yang sehat, karyawan dapat bekerja dengan nyaman dan tidak sakit. Dengan menjaga tempat kerja tetap bersih, perusahaan juga bisa mencegah beberapa hal seperti:

1. Menghindari penyakit

Kebersihan perusahaan sangat mempengaruhi kenyamanan bekerja. Ada atau tidak adanya debu, kebersihan yang buruk, sampah menumpuk dan lingkungan yang pengap membuat pekerjaan menjadi tidak nyaman bahkan memberikan kesan buruk pada klien. Karena lingkungan yang keras ini, banyak penyakit seperti diare, flu dan penyakit pernapasan akan datang ke kesehatan karyawan. Tahukah Anda bahwa desktop kantor Anda adalah sarang jutaan bakteri? Ada 400 kali lebih banyak bakteri di toilet.

Pasalnya, tangan seluruh karyawan yang menggunakan meja kerjanya telah bersentuhan dengan berbagai bakteri di luar kantor, termasuk transportasi umum, eskalator, dan lift. Apabila tidak ditangani, produktivitas karyawan akan terganggun.

Ternyata meja yang kotor tidak hanya rentan terhadap penyakit, tetapi juga mempengaruhi mood dan semangat karyawan dalam bekerja. Bukan hanya itu saja, sampah yang menumpuk juga akan menimbulkan bau tidak sedap pada ruangan kantor.

Lingkungan kerja yang bersih mengurangi penderitaan karyawan dan meningkatkan produktivitas. Menjaga kebersihan tempat kerja juga berkaitan dengan kepuasan karyawan. Kantor yang rapi dan bersih membangkitkan semangat di antara para karyawan. Untuk melakukan ini, Anda harus benar-benar mengelola sampah dengan baik dan tentunya kebersihan meja, lantai, dan area lainnya.

Jika karyawan makan di kantor atau bahkan memiliki kantin perusahaan, ikuti aturan untuk membersihkan meja kantor kembali setelah makan dan pengolahan sisa makanan. Sebaiknya juga tidak menyisakan makanan dan membuangnya di tempat sampah kantor yang akan menimbulkan bau tidak sedap. Selalu pisahkan sampah organik dan anorganik di perusahaan agar mudah ketika ingin dibuang dan didaur ulang. 

2. Jangan sampai kotor meskipun kantor berantakan

Jika perusahaan Anda bergerak di bidang kreatif, meja kantor Anda biasanya akan lebih berantakan bahkan hingga bagian lemari dan area lainnya. Pengaturan meja yang terlalu rapi dan kasar biasanya karena ide kreatif tidak muncul di benak. Untuk tujuan ini, meja yang berantakan dapat sedikit mencerahkan situasi dan menciptakan suasana yang tidak terlalu formal, yang memungkinkan munculnya ide-ide baru. 

Namun, meja yang kotor bukan menjadi alasan untuk mengabaikan kebersihan lingkungan kerja terlebih sampah-sampah plastik, kertas, dll yang ikut berserakan di lantai maupun di tempat sampah. Meja kantor dan sekitarnya harus tetap bersih, meskipun sedikit berantakan. 

Karena ketika kotor, produktivitas karyawan terus turun dan tidak bisa maksimal. Sekali lagi, ini ada hubungannya dengan meningkatkan kesehatan Anda dengan menjaga tempat kerja Anda tetap bersih.

Jika merasa kesulitan, kelola sampah perusahaan dengan mudah dan cepat bisa dibantu oleh Waste4Change. Waste4Change memiliki sistem manajemen sampah 100% menyeluruh hingga ke gedung, perusahaan, bahkan hingga para pelaku bisnis mulai dari pemilahan sampah oleh klien, barulah sampah disimpan dan pengumpulan sampah akan dilakukan. Waste4Change akan melakukan pengolah sampah dan residu dikirim ke TPA.


Previous
Next Post »