Cara Berinvestasi Online Pada Setiap Jenis Instrumen Investasi

 

Cara berinvestasi

Investasi telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat perkotaan untuk menjamin tabungan jangka panjang. Sederhananya, investasi adalah tindakan mengumpulkan kekayaan dengan memasukkan uang ke dalam produk keuangan yang memberikan sejumlah keuntungan tertentu. Cara berinvestasi tidaklah mudah namun sekarang ini ada investasi online yang mungkin bisa menjadi pilihan.

Salah satu kunci sukses berinvestasi adalah kesesuaian tujuan keuangan Anda dengan sarana investasi pilihan Anda. Sebelum memilih instrumen investasi, Anda perlu mengetahui tujuan keuangan Anda. Kondisi tersebut, khususnya terkait dengan menjamurnya produk-produk yang ditawarkan di Internet, membuat peluang investasi saat ini semakin beragam dan kompetitif.

Apa Itu Investasi Online

Seperti investasi biasa, investasi online merupakan investasi untuk keuntungan jangka panjang. Berinvestasi berfungsi untuk menghemat dan menyimpan uang dalam jangka panjang, memberikan nilai yang lebih tinggi daripada inflasi tahunan. Untuk investasi yang lebih aman, Anda perlu mengetahui informasi investasi Anda dengan aman secara online. Alat investasi online bisa menjadi pilihan tabungan dana di masa depan. 

Aplikasi investasi dan pendaftaran online yang kuat dan aman dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan memungkinkan Anda untuk memilih jenis investasi Anda, dari pinjaman peer-to-peer, reksadana, emas dan saham hingga investasi online yang sesuai dengan Syariah. Salah satu keuntungan berinvestasi secara online adalah proses yang lebih mudah, cepat dan efisien.

Jenis-jenis Investasi Online

1. Nabung emas online

Emas termasuk produk investasi karena harganya yang akan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Emas adalah instrumen investasi yang likuid dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata 10%. Saat ini, investasi emas dapat dilakukan secara online melalui perusahaan fintech yang terpercaya dan telah mendapatkan izin dari OJK.

2. Reksadana online

Berinvestasi di reksadana bekerja dengan mempercayakan uang kita kepada pihak yang berwenang untuk berinvestasi pada produk investasi. Pihak yang berwenang disebut manajer investasi, dan ia mengumpulkan uang dari masyarakat untuk diinvestasikan dalam saham, obligasi, dll. Keuntungan akan didistribusikan di antara klien reksadana sesuai dengan unit investasi.

3. Investasi saham

Berinvestasi dalam saham online juga merupakan pilihan yang baik, dan prosesnya relatif sederhana. Dari proses pendaftaran hingga jual beli dan penarikan dana, Anda sudah dapat menavigasi melalui situs web atau aplikasi yang tersedia. Anda sudah bisa berinvestasi saham dengan modal awal 1 juta. Anda tinggal memilih broker yang menawarkan fitur dan biaya transaksi (trading fee) paling menarik.

4. Deposito

Deposito adalah tabungan berjangka yang hanya dapat digunakan untuk jangka waktu tertentu. Suku bunga deposito berkisar antara 5 hingga 6% per tahun, menjadikannya jenis investasi yang likuid atau sepenuhnya aman. Anda sekarang dapat membeli deposito online dari perusahaan investasi online terverifikasi atau beberapa bank juga sudah menawarkan layanan deposito langsung dari aplikasi tanpa harus ke bank lagi. 

5. Equity crowdfunding

Equity crowdfunding adalah acara penggalangan dana di mana masyarakat berpartisipasi sebagai investor dalam proyek bisnis tertentu. Secara umum, crowdfunding ekuitas ditujukan untuk usaha kecil dan menengah (UKM) yang masih dalam pengembangan. Dengan berpartisipasi dalam usaha patungan di platform ini, Anda sudah menjadi pemilik bisnis. Besarnya pendapatan tergantung pada keberhasilan bisnis yang menghasilkannya. 

6. Surat Berharga Negara (SBN)

Surat Berharga Negara adalah surat pengakuan utang yang diterbitkan oleh pemerintah untuk membiayai anggaran pemerintah. Keuntungan berinvestasi pada SB adalah pembayaran pendapatan yang dijamin oleh undang-undang. Profitabilitas yang dihasilkan juga bagus, sekitar 6% per tahun. Sejak tahun 2017, SBN telah dijual secara online melalui beberapa mitra yang ditunjuk oleh Bank Indonesia.

7. P2P lending

P2P Lending merupakan platform digital yang mempertemukan pemilik dana dengan pemohon pinjaman. Investasi online ini menawarkan pinjaman reguler atau syariah tergantung ketersediaan produk. Stabilitas perusahaan terutama tergantung pada kemampuan debitur untuk mengembalikan pinjamannya kepada perusahaan.

Akseleran menjadi tempat Anda bisa menjalankan P2P Lending dengan lancar dan tentunya sudah memiliki proteksi asuransi 99% dan telah dilindungi oleh OJK. Anda bisa mulai memberikan pinjaman dana dari Rp 100.000 dan gunakan promo BLOG100 ketika melakukan pendaftaran untuk mendapatkan bonus dan proses investasi Anda tentunya akan berjalan aman. 


Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »