Tips Mudah Melakukan Pembayaran Pajak Online

 

Pajak Online

Pajak online bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan e-billing. E-Billing Pajak sendiri merupakan metode pembayaran pajak secara elektronik dengan menggunakan kode billing. Cara ini sendiri sudah resmi digunakan sejak 1 Januari 2016. Dengan penggunakan sistem e-billing atau online ini maka kalian tidak perlu lagi repot-repot mengantre dikantor pajak dikota kalian. Pada E-billing ini, ada sebuau biling system yang merupakan sistem untuk menerbitkan kode biling sebagai pembayaran atau penyetoran penermaan negara secara elektronik. Sistem e-biling ini juga akan membimbing kalian untuk mengisi Surat Setoran Pajak (SSP) elektronik dengan tepat dan benar sesuai dengan transaksi yang ingin diselesaikan. 

Selain system billing juga ada yang namanya kode biling. Pada pengertian ini kalian bisa menjumpai deretan kode unik yang diperoleh dari biling dan digunakan sebagai kode pembayaran pajak. Dengan kata lain maka fungsi-ebilling merupakan alat untuk membantu wajib pajak baik untuk membuat surat setoran elektronik dan mendapatkan kode billing untuk membayar pajak. 

Cara mudah membayar pajak online

Sebelum memulai pembayaran pajak, kalain bisa menggunakan sistem bayar pajak secara online dan harus memasuki layanan aplikaasi Billing DJP SSE1 dan juga SSE3. Akan tetapi, sejak tahun kemarin sistem tersebut berhenti dan selanjutnya dengan layanan mandiri dengan membuat membuat kode billing melalui aplikasi billing DJP akan membantuk kalian untuk melakukan Pajak online. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan akan tetapi sebelum kalian menggunakan aplikasi maka ada baiknya jika datang ke kantor pajak untuk membuat dan mengaktifkan e-FIN (electronic Filing Identification Number). Untuk mendapatkan e-Fin tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Langkah pertama adalah dengan mengunjungi kantor pajak dengan membawa FC KTP dan FC kaartu NPWP jika belum memiliki NPWP maka minta ke kantor tempat kalian bekerja. 

Selanjutnya, isilah formulir pembuatan e-FIN diloket yaang sudah disediakan. Setelah itu, kalian bisa aktiviasi e-FIN dengan tautan yang dikirmkan ke alamat email kalian dan nomor e-FIN akan berguna untuk membuat akun DJP Online.  Jika sudah dilakukan semua, kalian bisa mengaktifkan DJP Online. Setelah aktif, maka kalian bisa membayar pajak secara online dengan e-billing DJP Online. Beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah dengan login ke laman djponline pajak.gp.id dan masukkan NPWP, password dan kode keamanan untuk login ke akun kalian. Selanjutnya, pilih menu e-Billing system dan pilih pada menu isi SSE. 

Setelah itu, kalian akan mendapatkan form surat setoran elektronik (SSE) yang harus kalian isi. Pada data ini, terdapat formulir yang akan terisi secara otomatis. Hal yang perlu kalian lakukan adalah dengan mengubah kolom jenis pajak, jenis setoran, masa pajak, tahun pajak, uraian pajak yang dibayarkan dan juga jumlah setoran. Setelah selesai mengisi informasi tersebut kalian bisa klik simpan. 

Pajak online bisa dilanjut dengan klik pilihan kode biling dan klik cetak kode biling. Jika kalian sudah mendapatkan kde biling maka bayar pajak secara online dengan aplikasi bisa dilakukan dengan baik. Kalian bisa mendapatkan berbagai inforamsi dibeberapa sumber di internet  terkait pajak online. Dengan membayar pajak dilink tersebut maka kalian akan mendapatkan berbagai macam keuntungan seperti lebih efisien dan lebih aman. Hal penting yang perlu kalian ketahui adalah proses yang dilakukan bisa sangat cepat. Kalian bisa mendapatkan informasi lebih lanjut terkait pembayaran pajak sara online di link ini https://klikpajak.id/.


Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »