Langsung ke konten utama

Mengatasi Demam Pada Bayi Sebagai Bentuk Perlindungan Si Kecil

 

Mengatasi Demam Pada Bayi

Demam memang sulit dicegah karena memiliki banyak penyebab. Demam tidak bisa digunakan sebagai acuan suatu penyakit atau penyebab karena demam sendiri merupakan respon tubuh terhadap infeksi yang terjadi. Infeksi ini tentu bisa terjadi karena berbagai hal yang dapat menyerang semua usia terutama bayi. Mengatasi demam pada bayi juga penting dipelajari bagi setiap orang tua.

Sistem kekebalan tubuh bayi masih belum terbentuk sempurna sehingga rentan terhadap berbagai faktor penyebab penyakit hingga menimbulkan demam pada si kecil. Demam yang timbul memang merupakan hal yang umum terjadi sebagai tanda bahwa tubuh sengaja meningkatkan suhu untuk melawan faktor infeksi yang menyerang.

Dalam mengatasi demam pada bayi, tentu bisa diberikan obat-obatan penurun demam sesuai anjuran dokter. Tentunya yang paling sering dilakukan juga yaitu melakukan kompres hangat pada dahi dan lipatan tubuh serta memberikan pakaian yang nyaman dengan sirkulasi udara yang baik tanpa membungkus bayi dengan pakaian tebal.

Mencegah Demam Pada Bayi

Demam sebenarnya tetap bisa dicegah jika penyakit atau kondisi yang menyebabkan demam dapat dihindari. Umumnya demam memang paling umum disebabkan karena infeksi, salah satu pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat bukan hanya pada bayi namun juga tentu saja kedua orang tua atau pengasruh yang tinggal dan sering kontak bersama dengan si kecil. 

Cara yang dapat dilakukan untuk mencegah demam pada bayi yaitu: 

Rajn mencuci tangan sebelum memegang bayi maupun menyiapkan makanan untuk si kecil.

Selalu mencuci mainan atau barang-barang yang sering dimainkan oleh si kecil karena ia sering memasukkan apapun yang mudah dijangkaunya.

Sebaiknya alat makan yang digunakan si kecil hanya untuknya saja seperti piring, sendok, dan lainnya dan tidak digunakan bersamaan dengan orang lain. 

Barang-barang pribadinya juga sebaiknya pilih dengan permukaan yang halus dan lembut terutama handuk, sikat gigi, dll termasuk dengan saudaranya jika ada. Setiap anak sebaiknya memiliki masing-masing barang pribadi. 

Mengatasi demam pada bayi dengan meningkatkan sistem imun tubuh dengan berbagai cara seperti tidur bayi yang cukup dan teratur dengan jam yang sama setiap hari, memberikan MPASI yang bersih dan steril serta sehat dan memiliki nutrisi seimbang, berikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kelahirannya, dan ajak si kecil bermain untuk meningkatkan moodnya. 


Postingan populer dari blog ini

8 Barang Paling Diminati Saat Belanja di Pusat Furnitur

Saat ini tempat membeli furnitur rumah ada yang berupa toko dan ada yang berupa online. Biasanya yang berupa online ini berbentuk website maupun aplikasi yang bisa diakses oleh Anda kapan saja. Selain itu, ada banyak barang yang bisa Anda beli dengan mudah, praktis, dan aman. Berikut barang yang paling diminati di pusat furnitur .  1. Sofa Ruang Tamu Sofa ruang tamu cukup diminati konsumen sebagai pemanis di ruang tamu. Selain sebagai pemanis, fungsi sofa kini sebagai gaya interior rumah yang mencerminkan karakter pemiliknya. Sehingga tak jarang dari Anda yang berganti-ganti tema sehingga perlu sofa baru. Boleh saja tahun ini memilih sofa kulit bergaya retro lalu tahun berikutnya memilih sofa putih yang elegan. 2. Meja Makan Meja makan juga memiliki peminat yang tak sedikit. Pasalnya, meja makan menjadi furnitur penting yang harus ada di rumah. Model meja makan yang semakin berkembang, membuat Anda ingin memiliki meja makan dengan model yang kekinian. Selain itu, me

Lakukan 5 Hal Ini saat Cara Klaim Asuransi Ditolak

Anda memiliki polis asuransi kesehatan sebagai upaya proteksi diri? Memiliki polis asuransi bukanlah sebuah tren, melainkan kebutuhan. Siapa bisa menduga kapan akan sakit parah semisal harus melakukan  total knee replacement  ? Seperti yang diketahui biaya operasi tkr lumayan mahal jadi mungkin akan terbantu dengan adanya asuransi kesehatan. Cara klaim Asuransi Prudential juga sangat mudah. Tinggal melengkapi dokumen, lalu menyerahkannya pada agen. Bagaimana jika ditolak? Lakukan hal ini. 1. Memeriksa Dokumen Dokumen yang diserahkan saat klaim harus lengkap. Isi berkasnya antara lain fotokopi KTP, kartu dan polis asuransi, surat keterangan dokter, dan kuitansi dari rumah sakit tempat Anda dirawat. Jika sudah lengkap, periksa KTP Anda, jangan-jangan masa berlakunya sudah habis. Uruslah KTP itu terlebih dahulu, baru ajukan ulang klaim asuransi. 2. Rumah Sakit Rekanan  Apakah rumah sakit tempat Anda dirawat adalah rekanan dari asuransi yang anda miliki? Hati-hati saat me

Tips Menghindari Pencurian

Dalam melakukan aksinya, biasanya perampok akan meilih-milih korbannya, rumah yang memiliki keamanan lemah lebih di minati penjahat, seperti yang lonifi.com kutip dari liputan6 berikut. Belum hilang sepenuhnya dalam benak kita peristiwa perampokan dan pembunuhan sadis di Pulomas. Rumah yang terlihat aman lengkap dengan CCTV pun tak menjamin tak dapat dibobol perampok. Agar peristiwa seperti itu—dan aksi kejahatan lainnya—tidak menimpa Anda, lakukan tips seperti dikutip dari Rumah.com ini pada rumah Anda. Gembok yang mantap Jangan pernah membiarkan pagar dalam kondisi terbuka atau tak terkunci—kecuali jika Anda yakin keamanan di sekitar rumah terjamin hingga 100 persen. Bila rumah Anda langsung menghadap jalan umum, tak ada salahnya menggunakan pagar tinggi dengan celah yang rapat agar tak mudah dimasuki orang tak dikenal. Gunakan pula gembok yang kokoh, karena perampok atau pencuri tak segan merusak gembok jika terlihat rapuh. Halangi pemandangan di dalam rumah Jangan membiarkan ora