Langsung ke konten utama

Harga Cabai Masih Tetap Tinggi

harga cabe

Kegagalan panen yang terjadi pada cabe juga berakibat naiknya harga cabe tersebut yang bahkan hingga sekarang belum ada tanda-tanda penurunan harga, seperti yang lonifi.com kutip dari liputan6.
Harga cabai rawit merah di Pasar Senen, Jakarta Pusat, terpantau masih tinggi, yaitu sekitar Rp 120 ribu per kilogram (kg). Harga cabai sempat turun ke angka Rp 100 ribu per kg tetapi kemudian kembali naik. Akibat harganya yang mahal, masyarakat mengurangi pembelian cabai.

Salah seorang pedagang sayur mayur di Pasar Senen, Saiful (30) mengungkapkan, harga cabai rawit merah semalam kembali naik menjadi Rp 120 ribu per kilo. Padahal dua hari lalu, kata dia, harga bumbu dapur ini turun menyentuh Rp 100 ribu per kg.

"Ini semalam naik lagi jadi Rp 120 ribu per kg. Cabai mah cepat naiknya pagi harganya segini, sore bisa naik Rp 10 ribu-Rp 15 ribu per kg. Beruntungnya, di sini cabai belum sampai Rp 150 ribu per kg," ucap dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Sementara harga cabai ‎rawit hijau masih stabil Rp 70 ribu-Rp 80 ribu per kg, kriting merah Rp 60 ribu per kg, kriting hijau Rp 30 ribu per kg, serta cabai merah dan hijau besar masing-masing Rp 30 ribu setiap kilonya.

"Cuma harga cabai rawit merah yang kayak harga daging," tegas pedagang yang sudah berjualan 20 tahun ini.

Saiful mengaku, membeli cabai rawit merah ‎dari tengkulak sebesar Rp 100 ribu per kg. Harga tersebut naik dari sebelumnya Rp 90 ribu per kg. Kemudian dijual lagi oleh Saiful seharga Rp 120 ribu karena memperhitungkan risiko busuk, susut, dan lainnya.

Semenjak harga cabai melambung, ‎diakuinya, masyarakat atau pelanggan mengurangi pembeliannya. Contoh dari biasanya membeli 1 kg cabai, menjadi seperempat atau setengah kilo saja. Saking mahalnya komoditas ini, Saiful sampai kerap menolak pembelian cabai Rp 5 ribu.

"Banyak yang beli cabai cuma Rp 5 ribu, kadang saya tolak, kadang kasihan juga sih. Tapi mau bagaimana lagi, tidak tutup modal kalau segitu. Satu ons saja Rp 12 ribu, setengah ons Rp 6 ribu dapatnya sedikit doang, kalau Rp 5 ribu berarti cuma berapa biji," keluhnya.

Akibat harga cabai makin mahal, Saiful bilang, penjualannya mengalami penurunan. Omzetnya anjlok sampai 30 persen. "Daya beli masyarakat lagi turun, harga kebutuhan naik terus, jadilah sepi pembeli. Omzet turun 30 persen setelah tahun baru," paparnya.

Dia berharap, pemerintah dapat segera mencari solusi supaya harga cabai kembali turun dan stabil. Sebab Saiful memperkirakan harga cabai berpotensi merangkak naik lagi karena cuaca masih hujan terus.

"Susah ini turun harga cabai. Mau imlek, puasa, Lebaran. Jadi pemerintah perlu turun tangan," harap Saiful.

Postingan populer dari blog ini

8 Barang Paling Diminati Saat Belanja di Pusat Furnitur

Saat ini tempat membeli furnitur rumah ada yang berupa toko dan ada yang berupa online. Biasanya yang berupa online ini berbentuk website maupun aplikasi yang bisa diakses oleh Anda kapan saja. Selain itu, ada banyak barang yang bisa Anda beli dengan mudah, praktis, dan aman. Berikut barang yang paling diminati di pusat furnitur .  1. Sofa Ruang Tamu Sofa ruang tamu cukup diminati konsumen sebagai pemanis di ruang tamu. Selain sebagai pemanis, fungsi sofa kini sebagai gaya interior rumah yang mencerminkan karakter pemiliknya. Sehingga tak jarang dari Anda yang berganti-ganti tema sehingga perlu sofa baru. Boleh saja tahun ini memilih sofa kulit bergaya retro lalu tahun berikutnya memilih sofa putih yang elegan. 2. Meja Makan Meja makan juga memiliki peminat yang tak sedikit. Pasalnya, meja makan menjadi furnitur penting yang harus ada di rumah. Model meja makan yang semakin berkembang, membuat Anda ingin memiliki meja makan dengan model yang kekinian. Selain itu, me

Lakukan 5 Hal Ini saat Cara Klaim Asuransi Ditolak

Anda memiliki polis asuransi kesehatan sebagai upaya proteksi diri? Memiliki polis asuransi bukanlah sebuah tren, melainkan kebutuhan. Siapa bisa menduga kapan akan sakit parah semisal harus melakukan  total knee replacement  ? Seperti yang diketahui biaya operasi tkr lumayan mahal jadi mungkin akan terbantu dengan adanya asuransi kesehatan. Cara klaim Asuransi Prudential juga sangat mudah. Tinggal melengkapi dokumen, lalu menyerahkannya pada agen. Bagaimana jika ditolak? Lakukan hal ini. 1. Memeriksa Dokumen Dokumen yang diserahkan saat klaim harus lengkap. Isi berkasnya antara lain fotokopi KTP, kartu dan polis asuransi, surat keterangan dokter, dan kuitansi dari rumah sakit tempat Anda dirawat. Jika sudah lengkap, periksa KTP Anda, jangan-jangan masa berlakunya sudah habis. Uruslah KTP itu terlebih dahulu, baru ajukan ulang klaim asuransi. 2. Rumah Sakit Rekanan  Apakah rumah sakit tempat Anda dirawat adalah rekanan dari asuransi yang anda miliki? Hati-hati saat me

Tips Menghindari Pencurian

Dalam melakukan aksinya, biasanya perampok akan meilih-milih korbannya, rumah yang memiliki keamanan lemah lebih di minati penjahat, seperti yang lonifi.com kutip dari liputan6 berikut. Belum hilang sepenuhnya dalam benak kita peristiwa perampokan dan pembunuhan sadis di Pulomas. Rumah yang terlihat aman lengkap dengan CCTV pun tak menjamin tak dapat dibobol perampok. Agar peristiwa seperti itu—dan aksi kejahatan lainnya—tidak menimpa Anda, lakukan tips seperti dikutip dari Rumah.com ini pada rumah Anda. Gembok yang mantap Jangan pernah membiarkan pagar dalam kondisi terbuka atau tak terkunci—kecuali jika Anda yakin keamanan di sekitar rumah terjamin hingga 100 persen. Bila rumah Anda langsung menghadap jalan umum, tak ada salahnya menggunakan pagar tinggi dengan celah yang rapat agar tak mudah dimasuki orang tak dikenal. Gunakan pula gembok yang kokoh, karena perampok atau pencuri tak segan merusak gembok jika terlihat rapuh. Halangi pemandangan di dalam rumah Jangan membiarkan ora